Mitos atau Fakta Musik Cerdaskan Janin?

Mitos atau Fakta Musik Cerdaskan Janin?

musik ibu hamil

Bagi ibu hamil mendengarkan musik menjadi salah satu cara untuk menciptakan perasaan tenang. Tidak mengherankan lagi bila ibu hamil suka mendengarkan musik. Lantas musik seperti apa yang dipiilih ibu hamil pada masa kehamilannya?

Direktur Institut Marques, Marisa Lopes menyatakan musik bentuk komunikasi antara manusia yang disampaikan melalui suara atau gerakan tubuh yang lebih dulu tercipta sebelum bahasa. Musik klasik menjadi pilihan tepat ibu hamil. Jenis musik ini terbilang tepat didengarkan karena benar-benar dapat menenangkan. Tempo dan struktur nada yang teratur membuat musik klasik mudah dicerna oleh otak janin di dalam kandungan.

Memasuki trimester kedua masa kehamilan, musik ini dapat memberikan efek yang lebih baik karena organ janin seperti telinga sudah mulai berkembang. Jika dilakukan secara ruti lantunannya dapat merangsang kemampuan pendengaran janin. Musik dipercaya dapat mempengaruhi perkembanvan otak di dalam kandungan. Musik klasik dapat membantu pertumbuhan kecerdasanbya.

Jenis musik klasik sangat beragam dan dapat diputar secara teratur. Bahkan musik klasik dapat dipercaya meningkatkan daya ingat serta mampu menghapalkan angka-angka. Untuk ibu hamil yang ingin merasa lebih rileks selama menjalani masa kehamilan, musik klasik ini wajib untuk didengarkan.

Beethoven – Fur Elise

Beethoven – Moonlight Sonata

Charles Gounod – Ave Maria

Gabriel Fauré – Pavane

Jean Sibelius – Finlandia

Jules Massenet – Meditation from Thais

Mozart for Pregnant – Piano Concerto No. 17

Pachelbel – Canon In D Major

Samuel Barber – Adagio for Strings

Stanley Myers – Cavatinam

Musik yang selalu didengarkan masa kehamilan memberikan ragam positif. Salah satunya ialah mampu menurunkan tingkat kecemasan, stres hingga depresi pada masa kehamilan dan tanpa disadari dapat memberi kebahagiaan bagi janin di dalam kandungan.

musik ibu hamil

Selain membantu kondisi mental, manfaat lain yang bisa diberikan dari aktivitas mendengarkan musik klasik seperti berikut.

  1. Meningkatkan refleks bayi.

Suara lantunan musik klasik yang teratur membuat janin di dalam kandungan secara refleks menciptakan gerakan-gerakan kecil seperti menendang-nendang. Gerakan ini semakin membuat mental ibu hamil siap untuk menyambut bayi. Bahkan efeknya bisa membuat kedua orang tuanya semakin romantis dengan menyentuh keberadaannya. Musik membawa bayi mrangsang kemampuan indra pendengarannya.

  1. Memberikan ketenangan dan membantu kehamilan lebih rileks.

Masa kehamilan terberat ialah masa tidur seorang ibu hamil. Hal ini terjadi karena tekanan dan tingkat kecemasan ibu hamil yang selalu waspada terhadap sesuatu. Bisa berasal dari larangan dan saran yang terlalu banyak diucapkan orang lain sehingga menjadi beban pikiran. Itulah hal yang harus dan wajib dihindari ibu hamil. Jangan terlalu percaya mendengarkan usikan orang. Cukup duduk dengan nyaman dan dengarkan lantunan musik klasik. Jauh lebih bermanfaat daripada mendengarkan ucapan orang lain yang keluar dengan santainya.

  1. Meningkatkan kualitas hubungan bersama bayi selama di dalam kandungan.

Mendengarkan musik ternyata dapat meningkatkan kualitas hubungan bayi bersama ibunya. Ibu akan lebih banyak mengajak bicara dan kegiatan rutin seperti mengelus perutnya. Obrolan-obrolan kecil dan santai ibu tanpa harus mengungkapkan lelahnya masa kehamilan. Apalagi memasuki trimester akhir, ibu hamil harus lebih banyak mengajak janin untuk berincang agar dia merasa kehadirannya sangat dinantikan oleh semua orang. Sambil duduk dan mendengarkan lantunan musik klasik ibu hamil juga bisa membacakan cerita tentang apapun untuk menghibur janin dalam kandungannya. Ibu hamil juga bisa menyapu atau melap barang sambil menari dengan langkah kecil dan perlahan. Niscaya janin akan merasa lebih tenang karena dia mengetahui ibunya sedang dalam masa bahagia.

Jika ingin mendengarkan musik klasik  pada masa kehamilan dapat dilakukan beberapa cara. Pertama, dengarkan musik klasik menggunakan speaker sehingga bisa menikmati lantunan lagu bersama-sama janin di dalam perut. Kedua, dengarkan musik klasik menggunakan headset lalu diletakan di perut. Melalui headset, janin di dalam kandungan bisa mendengar lantunan lagu klasik menjadi lebih jelas. Lantunan musik klasik yang didengarkan dapat membuat  janin menciptkan sebuah gerakan-gerakan kecil di dalam perut. So, deduksinya mendengarkan musik khususnya musik klasik sangat bermanfaat untuk pertumbuhan janin termasuk merangsang kecerdasan otak calon bayi. Itulah penjelasan singkat mengenai fakta musik klasik dan ibu hamil mendengarkan musik klasik. Semoga bermanfaat.