Beberapa Tips Meningkatkan Skill Bermain Gitar

Meningkatkan skill atau kemampuan bermain gitar sangat penting bagi kita yang mencintai musik khususnya pada alat musik gitar. Kita tidak perlu berlatih selama 3-5 jam setiap hari. Cukup dengan berlatih secara rutin kita dapat meningkatkan skill bermain gitar yang bisa kita kembangkan. Berikut beberapa tips meningkatkan skill bermain gitar versi recycledloops.com yang dapat membuat kita menjadi lebih cepat berlatih dengan waktu latihan terbatas:

1. Menyusun Rencana Latihan

Memutuskan untuk berlatih atau saat sebelum latihan bermain gitar menyebabkan terbuangnya waktu untuk memikirkan apa yang harus dikerjakan. Merencanakan waktu kita latihan terlebih dahulu memungkinkan kita untuk menentukan rencana untuk item mana yang harus dilatih untuk mencapai tujuan tertentu. Dengan cara ini, yang perlu kita lakukan adalah mempraktikkan apa yang kita tetapkan untuk diri sendiri.

Berikut ini contoh yang bisa kita ikuti dalam menyusun rencana latihan :

Senin – Latihan Teknik

Selasa – Latihan Penulisan lagu

Rabu – Latihan Teknik dan Improvisasi

Kamis – Latihan Khusus Berimprovisasi

Jumat – Latihan Teknik

Sabtu – Latihan Penulisan Lagu

Minggu – Gitar Rhythm / Visualisasi Fretboard (Cover Lagu)

Ini juga mengurangi jumlah gangguan pikiran dan gangguan yang terjadi ketika kita berjuang untuk memikirkan apa yang harus kita praktekkan saat ini. Untuk minggu selanjutnya kita dapat mengubah posisi atau urutan latihan, agar kita tidak mudah jenuh dengan sesi latihan yang kita lakukan.

2. Memperkuat Improvisasi dan Imajinasi

Tidak semua item latihan dapat membantu kita meningkatkan keseluruhan permainan gitar kita secara seefisien yang lain. Misalnya, mempraktekkan pergantian antar akor terbuka tidak meningkatkan keterampilan yang sama dengan yang dipraktekkan memetik arah dengan skala. Membuat waktu latihan gitar kita seproduktif mungkin (ketika kita tidak punya banyak waktu) berarti menghabiskan sebagian besar waktu untuk mengerjakan item yang memberikan kita hasil terbanyak sekaligus.

Luangkan waktu untuk duduk dan tinjau semua item berbeda yang ingin kita latih. Ada 2 cara untuk meninjau dan mengetahuinya : Pertama: Yang mana yang paling meningkatkan variasi keterampilan sekaligus dan, Kedua: Yang mana dapat membantu kita mencapai sasaran musik kita dengan tercepat. Kemudian rencanakan waktu latihan kita di sekitar rencana yang kita buat.

3. Nikmati Sesi Latihan

Jangan hanya berlatih dan berharap kita menjadi lebih baik, namun kita harus menikmati setiap sesi latihan yang dilakukan. Tracking juga hasil latihan kita setiap minggu untuk menentukan item mana yang membantu kita lebih dekat dengan tujuan dan mana yang tidak. Menilai kemajuan kita secara konsisten juga membantu kita mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan yang ada pada kita, sehingga kita tidak menghabiskan terlalu banyak waktu untuk hal-hal yang sudah kita kuasai (kesalahan umum yang dilakukan oleh banyak gitaris yang menghabiskan banyak waktu dan memperlambat kemajuan).

Menerapkan ketiga konsep ini ke dalam latihan gitar dapat membantu kita membuat banyak kemajuan terlepas dari apakah kita berlatih 30 menit per hari atau 3 jam perhari. Selamat berlatih teman-teman, dan nikmatilah sesi latihan kamu.