Keistimewaan Dan Keunikan Musik Klasik Yang Membuatnya Tetap Bertahan

Keistimewaan Dan Keunikan Musik Klasik Yang Membuatnya Tetap Bertahan

musik klasik

Musik klasik merupakan genre musik yang paling lama ada dan memiliki sejarah yang cukup panjang. Meski kini banyak sekali genre musik yang berkembang dan jauh lebih populer namun, musik klasik tetap memiliki tempat spesial tersendiri. Alunan nadanya yang khas disertai banyaknya komposer musik klasik terkenal membuat eksistensi musik klasik tetap bisa bertahan hingga sekarang. Lalu apa sebenarnya keistimewaan dan keunikan dari musik klasik hingga bisa tetap bertahan hingga sekarang dan justru tak tergoyahkan posisinya sebagai genre musik favorit? Berikut ini ulasan selengkapnya yang wajib Anda simak.

  1. Eksistensi musik klasik dan keabadiannya

Musik klasik bisa bertahan hingga kini bukan tanpa sebab. Peninggalan bersejarah saja bisa bertahan hingga ratusan tahun maka musik klasik pun juga bisa bertahan sebegitu lamanya. Musik klasik sejarahnya cukup panjang dan telah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia bahkan telah masuk ke dalam tradisi masyarakat. Hal inilah yang membuat musik klasik bisa bertahan hingga kini bahkan mencapai ratusan tahun lamanya. Belum lagi karya musik klasik tidak hanya dinikmati oleh segelintir suatu kelompok masyarakat saja melainkan hampir dinikmati di seluruh penjuru dunia. Kualitas karya genre musik klasik pun bukanlah karya sembarangan namun memiliki kualitas yang tak terbantahkan. Maka tak mengherankan jika karya musik klasik yang diciptakan ratusan tahun tetap bisa dinikmati dan enak didengar hingga sekarang dan entah sampai kapanpun.

  1. Orisinalitas karya

Komposer terdahulu ketika menciptakan sebuah karya tidak bisa sembarangan. Mereka membutuhkan waktu yang tak sedikit untuk bisa membuat sebuah mahakarya yang luar biasa dan bisa dinikmati orang banyak. Bahkan mereka tidak pernah sedikit pun berpikiran untuk membuat karya plagiat atau KW sehingga karyanya pun benar-benar terjamin keaslinan atau keorisinalitasnya. Masing-masing komposer memiliki ciri khas karyanya tersendiri sehingga ketika mendengar akan langsung bisa menebak ini karya siapa. Tidak hanya itu, ketika karya diperdengarkan para pendengar bisa merasakan dalamnya karya tersebut sehingga bisa membangkitkan perasaan dan emosi seseorang meski sekilas mendengarnya. Karya orisinal pada hakekatnya memiliki keistimewaan tersendiri yang sulit dijelaskan namun bisa dirasakan bahkan hingga sampai kapanpun.

  1. Keseriusan ketika berkarya

Masih terkait dengan orisinalitas sebuah karya musik klasik. Musik klasik bisa tetap eksis hingga kini lantaran para komposer tidak pernah main-main tatkala membuat karya. Keseriusan mereka berkarya sudah tidak diragukan lagi. Banyak komposer yang rela kesehatannya terganggu demi menghasilkan karya yang luar biasa. Seringkali mereka tak memperdulikan apapun disekitarnya bahkan dirinya sendiri karena waktu mereka telah habis untuk mengeksplor pikiran untuk mencari inspirasi dari sebuah mahakarya yang ingin mereka ciptakan. Tidak seperti karya musik sekarang yang bisa dibuat hanya dalam waktu berjam-jam namun, mudah tenggelam tatkala ada karya baru yang muncul.

musik klasik

  1. Proporsi

Musik klasik bukanlah musik sembarangan dan tak bisa sembarangan diciptakan. Di dalam karya musik klasik harus mempertimbangkan proporsi yang ada dan harus seimbang. Keseimbangan ini diantaranya dilihat dari segi keterampilan teknis, penghayatan, hingga hasil karya menjadi faktor penentu mengapa musik klasik bisa bertahan hingga selama ini.

  1. Frekuensi

Frekuensi sangat menentukan dan memiliki pengaruh yang besar agar sampai ke telinga pendengar. Frekuensi musik klasik yang begitu rendah bukan tanpa alasan. Hal ini untuk melatih para pendengar agar bisa ikut mendalami maksud dari sang komposer. Tak mengherankan jika orang yang mendengar musik klasik dalam keadaan hening mampu menangkap maksud dari apa yang disampaikan melaui karya tersebut hingga mampu membangkitkan perasaan pendengar.

  1. Tidak hanya menghibur namun juga mendidik

Inilah yang menjadikan musik klasik begitu istimewa lantaran semua karya musik klasi dengan kualitas terbaik dibuat bukan hanya untuk hiburan namun juga untuk mendidik para pendengarnya. Beda dengan musik sekarang yang hanya mementingkan unsur hiburan semata namun minim unsur mendidiknya. Dengan Anda mendengarkan musik klasik serta menghayatinya dengan seksama maka bukan hati Anda saja yang tenang namun, ada pesan yang bisa Anda ambil dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Nah itulah alasan mengapa musik klasik begitu istimewa dan unik. Tak heran jika musik klasik bisa bertahan sebegitu lamanya dan tetap menjadi genre musik favorit disaat hati sedang dirundung kecemasan.