Tak Tergantikan: Inilah 3 Jenis Seni Musik Terpopuler

Tak Tergantikan: Inilah 3 Jenis Seni Musik Terpopuler

jenis seni musik

Membahas mengenai musik akan menghantar pikiran pada konsep hiburan yang disukai oleh dunia. Kondisi ini karena industri itu bukan sesuatu yang mudah untuk dibicarakan. Setiap negara memiliki identitas tersendiri yang semuanya saling menyatu. Seperti sekarang dunia hiburan masih digencarkan oleh musik Kpop. Tepat, pada dasarnya gagasan dari musik itu masih berlandas pada genre musik Pop. Namun, kian mendunia bahkan mengetarkan panggung Hollywood karena industri hiburan Negeri Gingseng dengan cerdik melakukan pengabungan talenta. Dimana setiap idol (pemain) dilengkapi oleh skill bermusik, dance, sekaligus kecakapan mereka dalam berbagai jenis lagu.

Sedangkan ketika direfleksikan, genre Pop sendiri termasuk aliran musik terpopuler. Hal tersebut karena instrumen yang ia milikiĀ  mudah diingat sekaligus ringan. Sehingga mampu dinikmati oleh berbagai kalangan. Jika ingin dibedah secara lebih detail Indonesia juga memiliki kesempatan yang sama. Dimana disini musik dangdut mempunyai daya tarik tersendiri. Bahkan beberapa kali Indonesia berhasil mendapat sambutan meriah dari kalangan luar akan musik tradisional tersebut.

Apalagi sekarang pengenalan musik bisa lebih mudah. Pasalnya, peran teknologi bisa digunakan sebagai alat pengenalan paling tepat. Konsep lain yang juga perlu diperhatikan ialah setiap musik mempunyai tingkat kesulitan masing-masing. Sehingga, jika orang tua ingin memperkenalkan alat musik pada si kecil. Wajib melakukan pengomunikasian guna menyeimbangkan dengan kemauan dari anak.

Pelajaran Musik: 3 Jenis Musik Terpopuler di Dunia

Sebelum membahas mengenai jenis musik. Perlu diketahui bahwa di Indonesia pelajaran musik sudah diberikan sejak Sekolah Dasar. Dimana anak mulai dikenalkan pada jenis alat musik dan bagaimana mengaplikasikannya. Ketika mereka antusias dengan salah satunya. Sebagai orang tua patut memberi dukungan. Tidak perlu takut karena sekarang sudah banyak bermunculan kelas musik. Sehingga, anak tidak hanya belajar mengasah bakat. Namun, mereka akan diajarkan untuk disiplin, sabar, sekaligus meningkatkan kemampuan anak dalam bersosialisasi. Apakah ini penting? Jelas, karena anak akan kembali pada lingkungan sosial yang memperlukan kecakapan komunikasi. Setelah itu, kenali jenis musik dibawah ini:

  1. Musik tradisional

Sesuai namanya musik ini berasal dari hasil warisan dari nenek moyang. Biasanya musik ini identik dengan sesuatu yang berbau kepercayaan. Ia diwariskan secara turun-menurun dan dipercaya oleh masyarakat. Tidak heran jika ditengah kepopuleran genre pop. Jenis musik tersebut masih berjaya hingga sekarang. Disisi lain, tak bisa dimungkiri bahwa kekuatan dari musik tradisional cukup kuat. Apalagi di negara dengan tingkat adat istiadat yang kental. Misalnya saja, Indonesia. Dimana musik tradisional masih kerap digunakan dalam ritual keagamaan. Bahkan beberapa alat musik dipercayai mempunyai kekuatan magis yang membuatnya selalu dijaga sekaligus dihormati.

  1. Musik Modern

Selanjutnya masuk pada musik modern yang semuanya mengabaikan tradisi dari musik tradisional. Inlah bentuk dari perkembangan peradapan. Bukan berarti memarginalkan musik zaman dulu. Namun, musik modern menjadi salah satu kenyataan dari musikalitas generasi ke generasi. Sesuai namanya jenis ini lebih mengutakan mengungkapkan perasaan. Sehingga alunan yang digunakan tidak hanya pada satu ketukan. Tetapi, memiliki variasi yang berubah-ubah. Ada kalanya mereka sedih akan kegalauan yang terjadi. Pada lain waktu mampu muncul dalam kebagian tiada tara. Musik Pop jadi salah satu contoh konkret dari maraknya musik modern. Itu kenapa penyanyi pop sering kali lebih terkenal dibandingkan dengan tembang lawas ala kerajaan.

Musik kontemporer

  1. Musik kontemporer

Terakhir masuk pada musik kontemporer. Dari namanya saja sudah bisa dilihat bagaimana musik yang satu ini jauh super dari musik modern. Sekali lagi ini bentukan dari kreatifitas generasi. Musik kontemporer bisa dikatakan sebagai jenis bebas yang membuat pencipta merasa perasaannya terwakili. Kondisi tersebut yang membuat industri musik kian marak. Bahkan nilai komersil yang didapat melambung tanpa batas. Kekuatan ini yang berhasil membaurkan satu negara dengan negara lainnya. Pertumbuhan insan musik bertambah dan hampir semuanya sukses mendapat apresiasi terbaik dari publik. Sedangkan di Indonesia jenis musik itu baru hadir di tahun 1990-an. Melambungkan bintang-bintang baru. Seperti, Sela On 7 dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *