‘ON’ BTS dan Pesan Mendalam

‘ON’ BTS dan Pesan Mendalam

BTS ON

Bicara BTS memang tidak akan pernah ada habisnya. Apalagi setelah mendengar tanggal cameback mereka dapat dipastikan mereka duduk di posisi pertama topik trending di twitter. Army, fans yang dikenal sebagai penggemar mereka sudah menyiapkan diri untuk menyambut cameback stage. Sejak rilis mv dengan tajuk On kepopuleran BTS semakin mendunia. Hal ini terbukti dari jumlah penonton mv mereka yang ditaksir lebih dari tujuh puluh juta.

On sepintas terlihat seperti kebalikan dari N.O debut mereka tahun 2014. N.O mengisahkan tentang realitas kehidupan pelajar yang terlalu fokus dengan pendidikannya. Lagu ini menyadarkan kita untuk tidak hidup dalam mimpi orang lain dan berani untuk membangun mimpi. On menceritakan fakta perjuangan diri untuk hidup. Melihat bayang yang menyerupai diri sendiri. Dalam terjemahan lagunya ada kalimat yang sangat menyentil.

 

Perlu tidak waras untuk tetap  waras.

Lemparkan aku ke dua dunia ini

 

Untuk menghadapi kenyataan hidup, terkadang Anda harus berani untuk gila. Gila di sini masih dalam artian menjadi pejuang dan berjuang semampunya. Anda perlu pendapat dari orang lain tetapi Anda harus lebih percaya apa yang dikatakan kata hati bukan kata mereka. Hati lebih tahu mana keputusan yang tepat. Anda mungkin akan terlempar ke dalam dua dunia yang barangkali Anda sukai atau dunia yang memang tidak Anda sukai. Namun ingat satu hal bahwa mimpi layak untuk diperjuangan dan keberhasilan ialah bukti nyata bahwa mimpi itu bukan hal yang mustahil untuk diwujudkan.

 

Bahwa rasa sakitnya.

Hujan akan deras.

Langit terus jatuh.

 

Tiga kalimat di atas bukti bahwa dalam setiap perjuangan diriingi ragam rasa. Rasa sakit karena jatuh dengan linangan air mata serta rasa bangga ketika air mata berubah menjadi senyuman. Semuanya tetang bagaimana Anda merasakan hidup ini kejam dengan kepahitan dan seolah tidak ada yang dapat menenangkan. Namun ingatlah hal yang tidak boleh Anda berhenti untuk dilakukan. Ucapkan terima kasih, maaf, dan tolong, tiga kata yang bisa menyelamatkan Anda.

ON BTS

Peristiwa ialah fenomena yang sukar diterka mata dan telinga. Setiap kejadian yang menimpa Anda pasti ada awal dan akhir. Tidak selamanya bahagia itu tentang harta. Bahagia itu tentang kita yang bisa mencapai mimpi di tengah peliknya hidup. Menangkan apapun yang terjadi meski Anda harus mengalahkan ego sendiri.

 

Jika Anda melepas satu tapak, satu tapak akan tumbuh.

Di mana Anda bangun dari tidur Anda?

 

Tapak bisa diartikan langkah yang Anda ambil. Ketika Anda melangkah ke dunia yang mungkin Anda tidak suka. Anda akan menumbuhkan tapak baru di sana. Tapak yang kelak akan Anda ingat bahwa Anda ialah pejuang yang tidak pernah berhenti dan selalu menjadikan mimpi lebih dari sekadar mimpi. Anda pasti pernah memiliki keinginan untuk menjadi sosok yang lebih berguna untuk semua orang. Anggap saja Anda ingin menjadi seorang guru tetapi Anda tidak berani atau malu untuk bicara di depan orang lain. Kemudian banyak yang mencemooh dan menghina. Mental Anda seketika jatuh dan Anda berpikir ingin berhenti. Jangan lakukan itu, Anda tidak boleh berhenti karena jika Anda berhenti sama artinya dengan Anda mematikan mimpi. Jangan takut melawan. Jangan takut berjuang. Anda orang gagal yang akan berpeluang untuk menjadi orang sukses. Meski sekarang Anda masih eblum mengerti kenapa Tuhan memperlakukan Anda seperti tidak adanya keadilan? Tenang, Tuhan diam dan ingin melihat Anda berusaha. Tuhan ingin melihat keteguhan Anda.

 

Lihatlah kakiku, lihat ke bawah

Bayangan yang menyerupai saya

Apakah itu bergetar?

Atau jari kelingking saya.

 

Lambang yang ditunjukan oleh jari kelingking ialah gambaran janji. Menjanjikan sesuatu yang menyenangkan di masa depan untuk Anda dan orang tercinta dan Anda layak disebut sebagai pejuang. Lihat setiap langkah demi langkah yang mengukir sejarah panjang kehidupan. Buruk tidaknya sebuah langkah akan mengendap dalam kenangan panjang.

Itulah pesan-pesan mendalam dari lagu BTS bertajuk On yang bermakna hidup. Anda harus tetap menjadi pejuang untuk mewujudkan semua mimpi. Mimpi yang bukan hanya sekadar mimpi tapi mimpi yang bisa membangun mimpi lain.